Friday, February 8, 2013

Day 4: Temple Tours - Ananta Samakhom - IKEA


Jumat, 17 Agustus 2012

Jadwal hari ini adalah temple tours. Dari hotel kami jalan kaki menuju Ratchawong pier. Sepanjang perjalanan ngelewatin banyak toko-toko dan lapak-lapak di pinggir jalan yang menjual banyak pernak-pernik. Akhirnya sambil cuci mata dan mampir sana sini deh. Setibanya di pier kita kebingungan kudu naek boat yang mana, akhirnya nanya orang deh dan ketemu o'om asal Singapore, terus ngobrol-ngobrol deh sambil nunggu boat nya datang. Naik boat bareng si o'om. Di atas boat, si o'om bilang sama kondekturnya kalau kita mau turun di Wat Arun, terus kondekturnya nagih THB 15 /pax. Akhirnya turun (di pier apa lupa), setelah itu kita pikir mau makan dulu deh, abis laper belom sarapan, jadi ga langsung nyebrang ke Wat Arun. Keliling2 nyari makan, gada yg berasa cocok. Akhirnya karena uda kepalang jalan menjauh dari pier, kita pikir yauda jalan aja dulu deh mengarah ke Grand Palace, siapa tau ketemu tempat makan yang cocok. Ternyata perjalanan ke Grand Palace jauh juga yeh, bo. Mana panas lagi. Pelajaran kalau mau ke Grand Palace turunnya langsung di Tha Chang. Akhirnya ketemu juga tuh pintu masuk yang letaknya di seberang Au Bon Pain cafe. Oh yah, di sekeliling tembok Grand Palace dipasangin toa yang nyampein informasi berulang-ulang. Inti informasinya adalah bahwa Grand Palace buka setiap hari, dan jangan percaya jika ada orang asing yang nyamperin bilang tutup dan nawarin naek tuk-tuk. Rupanya scam macam ini uda sering banget terjadi sampai-sampai pihak pengelola Grand Palace bikin peringatan kayak gini.

Sampai di dalam Grand Palace situasi uda ramai banget, banyak turis. Harga tiket masuk untuk turis THB 400, sedangkan untuk penduduk Thailand gratis. Setelah melewati ticket booth ada pintu lagi. Pintu ini terbagi dua, yang sebelah kiri khusus penduduk Thai (masuk tanpa tiket), yang sebelah kanan untuk turis. Pintu yang sebelah kiri jauh lebih kecil daripada yang sebelah kanan, dan yang masuk lewat pintu kiri juga cuma sedikit, sebelah kanan sampai antri panjang. Iseng-iseng saya coba masuk lewat pintu yang kiri dan ternyata lolos tuh, ga ditanyain sama sekali sama penjaganya.

Hari itu Grand Palace ramai pengunjung, sampe pusing liatin orang gitu banyak, mana mataharinya terik banget. Selesai keliling dan jepret sana jepret sini, kami keluar dan jalan kaki menuju Wat Pho.

Wat Pho juga cukup ramai, walau ga seramai Grand Palace. Harga tiket masuknya THB 100 untuk turis dan gratis untuk penduduk Thailand. Lagi-lagi pintu untuk Thai sepi dan untuk turis ramai antrian, dan lagi-lagi saya ngeloyor masuk lewat pintu untuk Thai tanpa ditanyai oleh petugas. Untuk masuk ke kuil tempat patung Reclining Buddha berada, kita harus melepas alas kaki. Di depan pintu ada disediakan tas kecil untuk menyimpan alas kaki kita.

Reclining Buddha


Dari Wat Pho, kami berjalan menuju pier untuk nyebrang ke Wat Arun, ongkos THB 3 sekali jalan. Sampai di Wat Arun, kita sempet bingung, ini pintu masuknya mana sih??? Koq sepi bener gada tanda-tanda kehidupan. Berhubung didepan kami ada sekeluarga turis, ya uda kita jalan aja ngikutin mereka. Akhirnya sampai deh di Wat Arun. Aku sempat tanya sama adikku, ini koq temple ga jelas pintunya mana, masa sih gratis ga bayar, setau aku masuk sini bayar deh. Adikku bilang tadi kayaknya ada lewatin semacam booth gitu deh, tapi orang didalemnya cuek aja ngitung duit terus pas kita lewat. Mungkin itu kali ticket booth nya. Nah lho yang jaga selebor amat... -.-'

Boat to Wat Arun
Di Wat Arun aku cuma foto-foto bentar terus duduk ngadem di tepian, ga kuat teriknya, badan sampe lemes. Adikku sih masih excited sampe naek-naek ke atas dan foto-foto di atas.

Selesai dari Wat Arun, kami nyeberang lagi pakai boat, bayar THB 3, lalu naek taxi ke Vimanmek Mansion. Taxi yang kita stopin ga mau pake argo, akhirnya tawar menawar deal di harga THB 120.

Si abang taxi ternyata turunin kita di Ananta Samakhom Throne Hall, tapi pada saat itu aku ga tau kalo ini Ananta, baru tau pas uda didalem, nanya sama petugasnya Ananta dimana, terus petugasnya bilang lah ini Ananta... -.-'

Tiket masuk Ananta THB 150, kalau bisa nunjukin kartu pelajar/mahasiswa cuma THB 75. Ternyata masuk ke Ananta harus menggunakan rok untuk wanita. Berhubung kita semua menggunakan celana panjang, jadi kita harus beli sarung lagi seharga THB 40. Kalau ada bawa pashmina bisa pakai itu, ga usa beli sarung lagi. Tapi kain sarungnya bagus koq, tebal dan besar, jadi worth the money lah belinya juga.

Untuk masuk ke area exhibition nya, kita harus menitipkan semua barang bawaan kita di locker (gratis). Jadi tas, HP, kamera ga boleh dibawa masuk, kalo dompet boleh. Kemudian kita dikasih semacam recorder gitu, yang isinya berupa penjelasan mengenai item-item yang dipamerkan disana. Kita bisa pilih bahasa yang kita mau untuk diprogram ke recorder nya. Sayangnya bahasa Indonesia belum ada, jadi saya pilih bahasa Inggris.

Exhibition room nya Ananta luar biasa megahnya! Kayak istana raja. Indahnyooo! Di dalamnya dipamerkan berbagai kerajinan tangan milik keluarga kerajaan yang terbuat dari emas. Wah, mata sampai kinclong liatinnya! Detail di setiap karyanya haluuuuss sekali. Luar biasa banget deh! Sayang ga bisa foto-foto huhuhuhu :'(

Selesai dari Ananta, kami putusin untuk balik ke hotel. Tadinya pengen ke Vinmanmek Mansion dan Abhisek Dusit Throne Hall juga, tapi uda keburu tutup. Harusnya tadi ke Vinmanmek dan Abishek dulu, karena dua tempat ini tutup pk.16.00, sedangkan Ananta tutup pk.18.00.

Stopin taxi tapi gada yang mau ke Chinatown, macet katanya. Akhirnya kita putusin naek tuktuk aja deh, sekalian nyobain. Kan katanya belum ke Bangkok tuh kalo belum nyicip tuktuk hahahaha :D Akhirnya dapat tuktuk juga yang mau (banyak yang nolak lho... -.-') seharga THB 200. Naek tuktuk lebih mahal daripada naek taxi... -.-' Bener aja kata orang-orang, tuktuk ngebut gileee! Ga liat ape dibelakang ada empat orang badan gede-gede, abang??? Terbalik nanti lho! Apalagi pas tikungan, wuidih semriwing! Hahahaha :D

Sebelum masuk ke hotel, sempetin dulu makan mie bakso di pinggir jalan seharga THB 40, rasa standard.

Selesai mandi dan leyeh-leyeh bentar, kami cabut lagi menuju IKEA di Mega Bangna. Dari info yang saya baca, Mega Bangna nyediain free shuttle bus dari BTS Udom Suk, jadi kamipun berangkat menuju BTS Udom Suk. Naek tuktuk ke MRT Hua Lamphong THB 50. Kali ini abang tuktuk ga bisa ngebut, jalanan di Chinatown padat merayap, coy. Ga heran taxi dan tuktuk pada ogah kalo ditawar ke Chinatown. Dari MRT Hua Lamphong, kami beli tiket ke Sukhumvit/Asok interchange station seharga THB 26, kemudian lanjut lagi naek BTS menuju Udom Suk seharga THB 40. Tiba di Udom Suk station, turun ke bawah dan tanya orang dimana biasanya shuttle bus Ikea Mega Bangna berhenti. Nunggu sekitar 15 menit, nongol deh si shuttle bus kuning bertuliskan IKEA.

Tujuan kami ke IKEA bukan buat shopping perabot rumah, tapi untuk mencicipi meatballs nya IKEA yang kesohor itu lho... :D Kebetulan saat itu lagi ada promo seporsi meatballs cuma THB 95. Asyiiikkk! :9 Ada lagi promo Chicken Rice nya cuma THB 39...wow! Tapi rasa chicken rice nya sih standard aja, kalo meatballs nya mantaaappp! Untuk desert harganya standard. Cheesecake THB 65. Sedangkan minumnya juga murah, cuma THB 25, bebas refill, pilihan ada softdrink dan lemon tea. Kalau mau take-away, box dan paperbag nya kudu beli lagi. Box THB 7, paperbag THB 5.
♥Review for The Ikea Restaurant♥

Selesai dinner yang kalap, kami nyeret perut yang kekenyangan untuk cuci mata di IKEA sebentar. Ternyata barang-barang yang dijual disini ga murah kayak makanannya. Lalu kamipun segera keluar dan mengejar shuttle bus terakhir (jam operasi shuttle bus hanya sampai pk.23.00), cilaka kalo sampai ketinggalan, jauh juga jarak dari Mega Bangna ke Udom Suk. Sampai di Udom Suk, kami putusin untuk kembali ke hotel naik taxi saja. Ga murah juga naek BTS & MRT kalo dikaliin empat orang. Akhirnya dapat juga taxi yang mau pakai argo ke Chinatown, mungkin karena uda malem kali yah. Eh, ternyata biar kata nyaris tengah malam juga, masih aja lho rame itu Chinatown. Tapi ga parah, cuma tersendat sedikit di area kuliner malam. Ongkos taxi + tip THB 130.

Setibanya di hotel, langsung simpan makanan yang tadi take-away dari IKEA buat sarapan besok. Inilah kenapa kita seneng banget stay di Check Inn China Town, ada microwave buat panasin makanan. Mau masak juga bisa. Asyik kan... :)

No comments:

Post a Comment