Friday, February 8, 2013

Day 1: Jakarta - Singapore

Selasa, 14 Agustus 2012

Pesawat take-off pk.06.35 dari Terminal 1 Soeta menuju Batam. Kami terbang berempat dengan menggunakan maskapai Citilink. Kebetulan dapat tiket promo, maka kami memutuskan pergi ke Singapore via Batam.

Setibanya di Batam Airport, kami membeli tiket ferry boat di counter SINDO (d/h. Penguin) seharga SGD 23 / pax. Tiket ini bisa dibeli juga dengan IDR (lupa berapa harga IDR nya). Setelah tiket ditangan, kamipun langsung keluar menuju taxi counter. Tarif taxi dari Hang Nadim airport ke Batam Center dipatok IDR 70.000. Taxi langsung menuju pelabuhan Batam Center. Masuk ke dalam pelabuhan bayar parkir IDR 2.000.

Setibanya di Batam Center kami langsung menuju check-in counter. Kami diberikan beberapa dokumen yang harus diisi. Selesai check-in kami duduk di ruang tunggu hingga waktu keberangkatan ferry.

Perjalanan dari Batam Center menuju Harbourfront memakan waktu kurang lebih 45 menit. Menjelang tiba di Harbourfront, kami sudah stand-by berdiri sambil memegang koper di dekat pintu keluar. Sebelumnya saya mendapat info agar segera mengambil koper sendiri, karena kalau keburu diambil oleh porter maka kami akan dimintai uang. Entah benar atau tidak, yang pasti semua penumpang langsung berdiri dan mengambil koper dan tas masing-masing menjelang tiba di Harbourfront.

Suasana di dalam kapal ferry Sindo

Setelah turun dari ferry kami langsung menuju imigrasi. Antrian cukup ramai saat itu. Oleh petugas imigrasi saya sempat ditanya tinggal dimana selama di Singapore. Lepas dari imigrasi, kami langsung menuju MRT Harbourfront, beli EZ Link seharga SGD 12 (isi SGD 7) dan langsung menuju TTSH untuk medical check-up.

Selesai medical check-up, kami makan siang di Subway karena sudah lapar banget, kemudian langsung menuju Chinatown dengan MRT. Setibanya di Chinatown Station, kami langsung menuju penginapan kami, Econ Inn. Dari MRT, jalan kurang lebih 5 menit.

Sebelumnya kami sudah booking 4 beds dorm via Agoda (total IDR
1.350.142 / 1 dorm, 2 nights), jadi kami tinggal menyerahkan voucher yang sudah diprint ke resepsionis. Kemudian kami dimintai passport untuk mereka fotocopy sebagai data mereka. Selesai check-in kami langsung menuju ke kamar. Kamarnya agak sempit dengan dua buah bunk bed ukuran single. Kamar benar-benar seadanya ala backpacker, tapi ada kamar mandi di dalam. Kebersihan juga standard banget.

Econ Inn

Pas lagi mandi baru ngeh ada bocor di langit-langitnya, tepat di atas wastafel. Jadi kalo lagi cuci tangan, kita bisa ketetesan air itu. Akhirnya kami memutuskan untuk komplain ke resepsionis. Si koko resepsionis bilang 4 beds dorm uda penuh, gada lagi. Akhirnya sama dia, kita dipindahin ke 6 beds dorm, tanpa additional charge. Saya sempat tanya apakah akan digabung dengan tamu lainnya, dan dia bilang tidak, karena kesalahan ada di pihak hotel. Okelah kalau begitu, koko... Hahahahha :D Lumayan pindah ke 6 beds dorm, jadi ada dua ranjang nganggur buat taruh-taruh barang (^.^)v

Sorenya kami keluar menuju People's Park Center. Suasana di PPC ramai banget, terutama kedai-kedai makanan. Akhirnya kami memutuskan untuk makan malam disini saja.

Selesai makan malam, kami jalan santai menuju Clarke Quay. Tadinya pikir deket, eh taunya pas dijalanin berasa juga yah koq ga nyampe-nyampe... -.-'

Kehidupan malam di Carke Quay ramai banget. Kami cuci mata sambil foto-foto. Sempet nontonin orang-orang yang naek G-X5 Extreme Swing. Ekspresinya priceless! :D

Kami ga terlalu lama nongkrong di Clarke Quay, karena ga tau juga mau ngapain disana. Emang bukan penikmat dugem juga hahahaha :D Dan lagi rencananya besok pagi-pagi mau ke USS. Baliknya kami putusin untuk naek MRT saja. Jauh juga, bo... :D

Setibanya di hotel, kami langsung ngeprint voucher USS (beli dari agan anakmeong) di resepsionis. Biaya print SGD 2 (untuk 5 lembar, dibawah 5 lembar tetap bayar SGD 2).

Selesai print langsung mendarat di pulau kasur, capek dan ngantuk banget.

PS: Saya tidak bahas detail transport selama di Singapore yah (naik MRT dari mana dan turun dimana, naik bus nomor berapa dimana dan turun dimana). Untuk info transport, bisa diperoleh di situs www.gothere.sg. Tinggal masukan data dari mana, mau kemana dan jam berapa. Situs itu akan memberikan info yang lengkap dan detail sekali langkah-langkah yang harus diambil, sekaligus beserta map nya.